Sabtu, 06 November 2010

teknik untuk mempengaruhi perilaku konsumen

Faktor - faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen

Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen antara lain adalah :

A. Kelas Sosial
Mempunyai kedudukan seimbang dalam masyarakat. Flemming Hansen mengemukakan kategori kelompok social sebagai berikut :Kelas Puncak Atas. Orang-orang ningrat, mempunyai banyak harta warisan, mempuyai reputasi internasional.

* Kelas Puncak Bawah. Orang-orang kaya bukan ningrat, pemilik perusahaan, dokter dan ahli hukum yang kaya.

* Kelas Menengah Atas. Orang-rang yang sukses dalam profesinya, dokter, professor, pengusaha yang cukup besar.

* Kelas Menengah Bawah. Pekerja non manajerial, mempnyai usaha kecil-kecilan, mempunyai rumah yang sederhana.

* Kelas Bawah Atas. Orang-orang berpenghasilan relatif cukup untuk kehidupan sehari-harinya pada umumnya isteri ikut aktif menambah penghasilan. Misalnya pedagang atau pengusaha ekonomi lemah dan pegawai biasa.

* Kelas Bawah. Pekerja-pekerja kasar, hidup dengan penghasilan kurang.


Untuk memudahkan kita memahami kelas social tersebut dapat kita kategorikan sebagai berikut :

1. Kelas sosial golongan atas
2. Kelas sosial golongan menengah
3. Kelas sosial golongan bawah


Dalam hubungan dengan perilaku konsumen dapat dikarakteristikkan sebagai berikut :
Kelas sosial golongan atas memiliki kecenderungan membeli barang-barang yang mahal, cenderung untuk dijadikan warisan untuk keluarganya.
Kelas sosial golongan menengah cenderung membeli barang untuk menampakkan kekayaannya dengan jumlah yang banyak dan kualitas cukup memadai, biasanya membeli barang yang mahal dengan sistem kredit.
Kelas sosial golongan bawah dengan lebih mementingkan kuantitas daripada kuantitasnya, memanfaatakan barang-barang yang diobral atau penjualn dengan harga promosi

B. Faktor Kelompok Anutan
Didefinisikan sebagai kelompok orang yang mempengaruhi sikap, pendapat, norma dan perilaku konsumen. Misalnya perhimpunan artis, atlet, kelompok pemuda, kelompok mesjid dan organisasi lainnya.
Pengaruh kelompok anutan terhadap perilaku konsumen antara lain dalam menentukan merek dan produk yang mereka gunakan, oleh karena itu ada dua hal penting bagi ahli pemasaran yang harus diperhatikan sebagai berikut :

* Mengidentifikasikan pengaruh-pengaruh kelompok anutan terhadap penggunaan produk, merek yang sesuai dengan aspirasi kelompok anutan tersebut.
* Mengukur keluasan pengaruh kelompok anutan dalam proses pengambilan keputusan membeli.


C. Faktor Keluarga
Didefinsikan sebagai suatu unit masyarakat terkecil yang perilakunya sangat mempengaruhi dan menentukan dalam pengambilan keputusan untuk membeli. Dalam menganalisa perilaku konsumen keluarga dapat dipisahkan sebagai berikut :

* Siapa pengambil inisiatif, tetapi tidak melakukan proses pembelian
* Siapa pemberi pengaruh, siapa yang mempengaruhi keputusan membeli
* Siapa pengambil keputusan. Bagaimana cara membelinya dan dimana tempat membelinya
* Siapa yang melakukan proses pembelian
* Siapa yang akan memakai produk yang sudah dibeli

Tidak ada komentar:

Posting Komentar